05 Juni 2011

Postingan 7 Manusia dan Permasalahannya

Yang dimaksud dengan masalah adalah kesenjangan antara harapan dengan kenyataan. sedangkan Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Itulah mengapa manusia lebih serakah dibanding hewan dan tumbuhan, karena manusia mempunyai akal pikiran yang luas. Manusia memerlukan orang lain dalam kehidupan tetapi ada kalanya manusia melakukan sesuatu yang tidak baik dengan menghalalkan segala cara demi mengalahkan orang lain. Sesuatu dikatakan masalah sosial karena bersangkutan dengan hubungan antara manusia dan di dalam kerangka bagian-bagian kebudayaan yang normatif.
Dalam mengklasifikasikan suatu persoalan sebagai masalah sosial Karena adanya tata kelakuan yang menyimpang dan ukuran-ukuran umum segi moral. Sesuatu masalah itu ada perumusannya. Dalam merumuskan suatu masalah sosial adanya indeks-indeks yaitu:
1)      INDEKS SIMPLE RATES angka laju gejala-gejala abnormal dalam masyarakat.
2)      CONPOSITE INDEKS gabungan indeks-indeks dari bermacam-macam aspek yang mempunyai kaitan satu sama lain.
3)     SOCIAL UNREST keresahan sosial
Hal diataslah yang menyebabkan masalah sosial dan problema sosial. Oleh karena itu masalah sosial menyangkut analisis tentang macam-macam gejala kehidupan masyarakat sedangkan problema sosial meneliti gejala-gejala abnormal masyarakat dengan maksud untuk memperbaiki atau bahkan untuk menghilangkannya.
Penyebab masalah sosial diklasifikasikan dalam 4 kategoris:
1)      Faktor ekonomis Mis kemiskinan sehingga banyak orang yang nekat mencuri demi memenuhi kebutuhannya.
2)      Faktor biologis Mis penyakit, bila penyakit itu menular tentu menyebabkan keresahan masyarakat disekitarnya.
3)      Faktor psikologis Mis bunuh diri, karena sudah tak kuat menampung segala masalahnya.
4)      Faktor kebudayaan Mis perceraian, banyak pernikahan yang berakhir dengan perceraian dan menimbulkan ketidakharmonisan keluarga.
Kriteria utama suatu masalah sosial yaitu:
› Tidak adanya persesuaian antara ukuran-ukuran dan nilai-nilai sosial dengan kenyataan-kenyataan serta tindakan sosial.
› Sumber-sumber masalah sosial.
› Pihak-pihak yang menetapkan apakah suatu kepincangan merupakan masalah sosial atau tidak.
› Manifest social problem dan Latent social problem
› Perhatian masyarakat dan masalah sosial
Manifest social problem dan Latent social problema
Manifest social problem adalah masalah yang timbul akibat terjadinya kepincangan-kepincangan di masyarakat. Kepincangan itu terjadi akibat tidak sesuainya antara norma-norma dan tindakan serta nilai yang ada dalam masyarakat sebab masyarakat tidak menyukai tindakan-tindakan yang menyimpang
          Latent social problem adalah meyangkut hal yang bertentangan/berlawanan dengan nilai-nilai masyarakat akan tetapi tidak diakui demikian halnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar